Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema Rangkaian PreAmp Transistor BC547 Sederhana

Pre-Amp Transistor BC547

Amplifier adalah rangkaian elektronik atau perangkat yang digunakan untuk tujuan Pengerasan suara dan digunakan terutama dalam reproduksi suara dalam industri elektronik secara luas. Ada banyak jenis penguat yang tersedia dengan menggunakan berbagai komponen seperti penguat berbasis transistor, penguat berbasis op-amp, penguat berbasis transformator. 

Kadang-kadang Sirkuit Preampifier digunakan di sirkuit untuk pra-amplifikasi sinyal lemah ketika level suara sumber audio terlalu Pelan. Pre-amlifikasi sinyal level rendah diperlukan sebelum dimasukkan ke Power amplifier, untuk suara yang jernih dan tanpa noise. Dalam project ini, kita akan membangun Rangkaian Preamplifier Sederhana menggunakan transistor BC547 Yang berjenis NPN.

Rangkaian Preamplifier  Dengan Transistor BC547 digunakan untuk memperkuat output AUX dari ponsel dan memperkuat input suara dari mikrofon atau mikrofon kondensor. Dari kedua fungsi tersebut akan digambarkan dalam Skema rangkaian Pre amplifier Transistor BC547 Secara terpisah.

PreAmp AUX Menggunakan Transistor BC547

Ini adalah rangkaian paling sederhana untuk penguat awal/Pre amp Menggunakan Transistor BC547. 

PreAmp  Transistor BC547
PreAmp AUX Menggunakan Transistor BC547

Di Dalam rangkaian Preamp Transistor BC547 ini kapasitor C1 bertindak sebagai kapasitor kopling. Kapasitor kopling Berfungsi sebagai filter untuk memblokir Laju DC dari sinyal input, sehingga disebut juga sebagai kapasitor pemblokir DC. Kapasitor Ini mencegah headphone atau speaker Agar tidak rusak oleh aliran arus DC.

Daftar Komponen :

C1 = 100mf

R1 = 2K2 Ohm

Q1 = Transistor BC547


PreAmp Mic Menggunakan Transistor BC547

Di sini MIC Berfungsi sebagai pengganti Input misalnya pemutar musik dari jack AUX. 

PreAmp Transistor BC547
PreAmp Mic Menggunakan Transistor BC547

Rangkaian Pre amp Transistor BC547 ini akan memperkuat masukan suara yang diumpankan oleh mikrofon kondensor, oleh karena itu rangkaian ini dikenal dengan rangkaian Mikrofon Preamplifier.